Wednesday, May 4, 2011

Gaun Pernikahan Para Putri Kerajaan

Sama seperti orang lain yang menanti-nanti pernikahan akbar Pangeran William & Kate Middleton, aku juga gak kalah penasaran gimana jalannya pernikahan mereka yang kabarnya akan ditonton langsung ratusan juta atau bahkan miliaran orang di dunia.
Yeahh... aku juga menontonnya langsung dari TV lokal. ;p
Dan seperti kebanyakan pesta pernikahan, yang paling ditunggu orang biasanya adalah apa yang dipakai sang mempelai perempuan? Seberapa cantik & menawannya dia di hari pernikahannya? Kenapa dia mau menikah dengan pria itu? Eh.. yang terakhir ini gak ya...hehe...
Perempuan-perempuan muda seperti akyu ini juga pengen banget liat kecantikan Kate Middleton dalam balutan gaun pengantin. Sapa tau nanti bisa jadi referensi gaun pengantinku... haha... *blushing*

Sebelum membahas gaun Kate, mari kita tilik gaun-gaun pernikahan indah ala putri kerajaan di Eropa dari masa ke masa.

NB : Gambar-gambar diambil dari hasil googling.. so maaf kalo ada yang merasa jadi fotografernya, saya minta ijin ya mister.. tolong dimaklumi.. ;p

1.  Grace Kelly & Prince Rainier (Monaco, 18 April 1956)



Grace Kelly yang dulunya bintang film dan menikahi Pangeran Rainier dari Monaco ini tampak anggun & cantik memakai gaunnya.  Setelah melihat gaun Grace Kelly ini, aku jadi bisa ngebayangin kalo Kate Middleton sepertinya agak mencontek terinspirasi gaya vintage gaun Grace Kelly ini.  Menurutku, gaun Kate mirip dari pemakaian unsur lace di tangan & dada, tangan panjang, dan rok yang gak terlalu menggembung.
Perbedaannya, Grace Kelly memakai aksen renda sampai batas lingkar leher dengan sedikit aksen ban pinggang. Sweet. :)

2. Diana Frances & Prince Charles (Wales, 29 July 1981)


Pernikahan Inggris bak dongeng ala Lady Di & Pangeran Charles pasti banyak diingat orang karena menjadi pernikahan terbesar pada tahun 80-an.  Di hari pernikahannya, Diana memakai gaun warna ivory dengan aksen puffy atau mengembang di bagian lengan dan bagian bawah gaun yang didesain David dan Elizabeth Emmanue.  Aksen pita dan taburan mutiara di beberapa bagian gaun tampak menawan.  Gak cuma itu, ekor gaun dan veilnya pasti gak dilupakan orang sebagai aksen yang sangat panjang, sampai 7,6 meter. 
Ckckkk.... what a gown...    

3. Rania Al-Yassin & King Abdullah II (Jordania, 10 June 1993)
 


Rania menikahi Pangeran dari Yordania yaitu Pangeran Abdullah bin Al-Hussein yang kelak menjadi raja.  Dia memakai gaun pernikahan dengan bahan mengkilap dan lembut.  Lengan pendeknya jadi tampak unik karena biasanya mempelai wanita lebih suka gaun tanpa lengan atau sebaliknya, lengan yang panjang.  Well..mungkin karena budaya Timur ya.. 
Gaunnya memakai kerah seperti blazer yang diberi motif benang emas.  Benang emas itu juga terlihat di ujung lengan dan bagian bawah gaun untuk mempermanis penampilan Princess Rania.  

4. Marie-Chantal & Prince Pavlos (Yunani, 22 May 1995) 


 Marie-Chantal adalah putri miliuner Amerika yang menikah dengan putra mahkota Yunani yaitu Prince Pavlos di St. Sophia's Cathedral di Bayswater, London.  Gaunnya dirancang oleh perancang kenamaan, Valentino.  Aksen renda (atau lace) di dada dengan lengan panjang juga hampir mirip dengan gaun Grace Kelly.  Veil renda panjangnya yang menyapu lantai membuat penampilannya makin menawan.  Di ujung bawah gaun terdapat aksen sulam dengan ekor sepanjang 4,5 meter.  Kabarnya, gaun itu terbuat dari sutra dengan mutiara ivory bernilai £150,000. Hmmm.... 

5. Mette-Marit Tjessem Høiby & Crown Prince Haakon 
(Norwegia, 25 August 2001)


Mette-Marit (susah amat namanya..) ini putri Pak Tjessem, pegawai bank, &
Sven Olav Bjarte Hoiby, seorang jurnalis di Norwegia.  Walaupun udah punya anak berumur 4 tahun sebelumnya, suka berpesta, dan terlibat penggunaan obat-obatan terlarang (dan membuat ini adalah pernikahan kontroversial), dia memikat putra mahkota Norwegia dan menikahinya pada tahun 2001.  Gaun pernikahannya tampak sederhana dengan potongan di bagian leher dan dada yang tidak memiliki banyak aksen.  Lengannya yang panjang juga polos.  Bahan yang tipis dan ringan pada bagian bawah gaun dan wedding veil akan melambai ringan saat tertiup angin.  Hmm.. dan gulungan veil itu rasanya agak merepotkan si bridesmaid ya.. hehe.. Mungkin untuk mengimbanginya, dia pilih handbouquet yang super panjang itu ya... ;p Buatku sih itu... mm.. agak lebay.. hehe.. kayak pajangan bunga yang menggantung di pinggir pot di atas rumah. 
Oops, no hurt feeling ya princess... Anyway, u still look gorgeous kok. :)

6. Máxima Zorreguieta & Prince Willem-Alexander (Belanda, 2 Februari 2002)


Gaun Putri Máxima yang menikah dengan putra mahkota Belanda ini dirancang oleh Valentino.  Gaun bergaya klasik dengan bahan ivory mikado silk ini membuatnya terlihat mewah.  Bahan yang mengkilap membuat gaun tersebut memang lebih cocok untuk tidak diberi banyak aksen.  Yang menarik adalah wedding veil dari bahan lembut yang memiliki corak dan menambah tekstur pada gaun itu dibordir/disulam dengan tangan alias handmade.  Sebagaimana gaun seorang putri, gaun ini memiliki ekor yang sangat panjang, yaitu 5 meter.  Liat aja gimana 'dayang-dayang' membawa ekornya... ;)
 

7. Mabel Martine & Prince Friso (Orange-Nassau, 24 April 2004)



Princess Mabel of Orange-Nassau, Mabel Martine Wisse Smit ini memakai desain gaun pengantin yang berbeda dengan kebanyakan gaun pengantin.  Biasanya aksen pita terletak di satu di bagian pinggang atau dada, tapi gaunnya itu mempunyai aksen pita mungil di seluruh bagian gaun, dan juga di bagian ekor dengan pita yang sedikit lebih besar.  Gaun unik itu dipercantik dengan wedding veil berbahan kaku.. mm.. mungkin dari bahan tulle yaa.. (sok teu..).  Well, this gown is absolutely not my type, anyway.

8. Mary Elizabeth & Prince Frederik (Denmark, 14 May 2004)


Putri Mary dari Denmark ini terlihat cantik dalam gaun ivory sederhana dengan potongan layer seperti lipatan-lipatan dan (sepertinya) motif sulam/bordir lace.  Lengannya yang 3/4 itu menambah manis model gaunnya.  Wedding veilnya yang ringan juga memiliki corak pada bagian pinggir.  Perancang gaun tersebut adalah Danish dari Uffe Frank.  Gaunnya tampak seperti perpaduan model sekarang & model jaman dulu.  Simple and elegant.  I like it. :)

9. Crown Princess Victoria Désirée & Daniel Westling (Swedia, 19 June 2010)



Putri mahkota Swedia yang menikahi Personal Trainernya ini memiliki tubuh yang atletis.  Dia jadi tampak mempesona saat memakai gaun model sabrina dengan bagian leher dan bahu yang terbuka dan lengan pendek.  Looks so modern. Gaun rancangan Par Engsheden itu mulus tanpa hiasan di semua bagian, dan sekalipun tampak sederhana, tapi memancarkan aura penuh wibawa. Tiara yang besar & wedding veil dengan motif timbul pada bagian pinggir itu menjadikannya benar-benar terlihat sebagai seorang putri kerajaan.

10. Kate Middleton & Prince William (Wales, 29 April 2011)




There she is... semua mata memandang sang putri yang baru keluar dari Rolls-Royce dan merasakan kemegahan perayaan Royal Wedding.  Kate Middleton tampak anggun & bersahaja dibalut gaun A-line rancangan Sarah Burton. Klasik & anggun. That's Kate. 

Aku suka dengan detail train/ekornya yang tampak seperti layer, jadi kelihatan lebih rapi.  Sayang, motif renda/lace di bagian bawah gaun gak terlalu keliatan jelas kalau di video atau di foto dari jauh, padahal itu mempermanis gaunnya.
Tapi mungkin orang yang melihat dia dari dekat atau ada di sekelilingnya tahu detil gaunnya yaa... ;)  Tapi waktu di foto resmi saat dia duduk dengan Prince & flowergirlnya kliatan trainnya jadi bagus dibentuk melingkar, jadi tampak motif lacenya...
Wonderful!  Aah... I just love the lace (sedikit bocoran: I'll use it too on my gown!! ^_^).
Wedding veilnya terbuat dari bahan halus yang tidak terlalu ramai oleh motif, which is a great choice.  Wajah Kate yang selalu tersenyum itu jadi bisa lebih dinikmati. 
Beautiful Kate. ;) 
Well... mungkin pernikahan yang ditunggu ini memang bisa jadi pernikahan modern abad 21 & dinobatkan sebagai the wedding of the century, mengingat pangerannya tampan & putrinya yang cantik, ya kan? :)

3 comments:

bridesmaid said...

..and I'll be the next pippa.. yeeaay :D

Wiwin said...

gaunmu besok spt apa mba ??

colorfulste said...

@ bridesmaid :
Be a good maid of honor ya..
We'll rock the world...;p

@ Gaunnya aku rancang sendiri mbak..tp gtaw jadinya tar gimana..hihi.. pede ajahh... ^^