Thursday, July 22, 2010

Tentang Berkendara


Sudah jamak di Indonesia ini, pengguna jalan, baik pejalan kaki maupun pengendara kendaraan bermotor/tidak, gak selalu mengindahkan peraturan lalu lintas dan tata tertib berkendara.

Contoh yang paling sering kita (aku) lihat misalnya:
1.  Berhenti di depan garis batas/zebra cross yang ada di perempatan jalan bertraffic-light.  Akibatnya, penyeberang jalan jadi gak bisa lewat dengan leluasa karena ketutupan sama kendaraan.  Trus, pengendaranya kadang-kadang jadi gak aware sama lampu yang lagi nyala saat itu, sehingga kalo pas ijo biasanya diklakson dulu ma yang di belakangnya karena dia gak ngeliat trafficlightnya udah ijo terang.

2.  Suka ngelanggar marka jalan/garis pembatas di tengah jalan itu, baik yang putus-putus maupun yang garis lurus panjang, didouble-in pula.
Padahal maksudnya kan itu strictly gak boleh dilanggar.  Akibatnya, pengguna jalan yang lain di bagian sebelah kanan dari arah sebaliknya jadi kekurangan tempat untuk lewat, sehingga seringkali jadi penyebab macet.
NB: Jadi inget wkt ada bus yg nyalip & dia uda di luar markanya bgt.. gmn gak deg2an tuh org yg dari arah sebaliknya?? hwhw..

3.  Kalo nyopirin mobil/motor gak bawa surat2, such as STNK & SIM.
Pada suka ditilang kali ya?  Itu pun juga seringan nyuap polisinya. ;p

4.  Suka lupa pake helm, apalagi kalo cuma deket.
People, inget dunk, helm kan bukan cuman buat pajangan kepala.  Walo gak enak atau gak suka, tapi inget fungsi pentingnya, yaitu untuk keselamatan (baca: melindungi kepala). Yea.. melindungi kepala, otak, wajah, supaya gak terlalu bonyok kalo pas lagi apes nabrak atau ditabrak.  Yah, alesannya gak banget sih.  Tapi... tapi... daripada nyesel seumur idup kalo ada apa-apa??  (Aku sih masih sayang kepala dan otakku.)

5.  Gak tau etika di jalan.
Sering banget aku nemuin orang yang markir mobil di depan pertigaan gang kecil.  Ato bikin lapak koran di pinggir gang, dengan koran & majalah yang dijentrengin (duh, maap, bahasanya enak begitu sih) atas-bawah, sehingga menghalangi pandangan orang yang keluar dari gang.  Ato parkir di depan tanda P coret itu. Waahh... agak buta huruf mungkin.  Oia, pernah juga nemuin tukang becak (dia pengguna jalan kan?) yang juga kadang seenaknya melenggang pelan di tengah2 jalan..
Ada juga orang yang asal ngebut lurus ato ngebut zig-zag, gak nyadar kalo dia ada di jalan umum & bisa aja nyenggol orang gak bersalah.

6.  Kalo orang nyebrang, seringnya pengendara tuh gak mau kasih jalan buat yang nyebrang.  Musti lambai-lambai tangan dulu sambil permisi-permisi ma orang-orang biar dikasih lewat (terutama kalo gak di zebra cross.. eh.. tapi di zebra cross juga kadang-kadang begitu).


Daaann.. mungkin sejuta pelanggaran-pelanggaran lain yang sering kita lakukan sebagai pengguna jalan dengan kendaraan bermotor.
So, mari introspeksi diri biar masing-masing menghormati hak sebagai pengguna jalan, dan dengan kesadaran itu, jalanan Indonesia jadi lebih tertib, lancar, dan moga-moga yaaa.. gak macet lagi. 

*pengendara-motor-newbie*

2 comments:

Wiwin said...

Hore.... udah aktif ngeblog lagi :-)

Lla said...

Hi Mbak! Well...hehe.. I think it's time to activate my sensory and write anything. Thx for encouraging me.:)