Wednesday, April 29, 2009

Daftar Bacaan Jadul Favorit Waktu Kecil

1. Majalah Bobo

Wah.. majalah ini emang ngetop banget ya jaman dulu. Ceritanya banyak & bagus (bermoral), dan juga ada kuis-kuis pelajaran anak SD yang hobi banget kuisi abis pulang skulah (cieehh..rajin ni ceritanya). Oia, majalah ini kayaknya satu-satunya majalah anak-anak tahun 80-an yang slalu dinanti-nanti setiap anak Indonesia (halah..). Aku lupa, apa dulu pernah langganan atau gimana, tapi yang pasti tiap edisi bisa selalu baca cerita-cerita rakyat, cerita Bona & Rong-rong, Pak Janggut, Deni si Manusia Ikan, Oki & Putri Nirmala, dll. Wiihh..jadi kangen..

Oia, satu yang kuinget: aku terinspirasi skali dengan foto-foto aneh kiriman pembaca yang bisa dipajang di majalah itu. Akibatnya, setiap kali bepergian, aku terobsesi cari-cari fenomena alam yang aneh yang bisa kufoto (padahal gak punya kamera sendiri, hihi), trus kubayangin bisa kukirim deh ke redaksinya. Dan pernah satu waktu, aku melihat pohon pisang yang aneh..bentuknya bukan kayak yang biasa, tapi melebar gitu. Aku dah yakin banget waktu itu bahwa itu ANEH! Belakangan setelah gede aku baru nyadar: itu jenis PISANG KIPAS! Hwhwhw..

2. Kisah Lima Sekawan by Enid Blyton

Lima Sekawan (Famous Five) ini adalah kumpulan saudara kandung dan sepupu keluarga Kirrin, bernama Julian, Dick, Anne, Georgina a.k.a. George, dan anjing mereka Timmy. Deskripsi Enid Blyton terhadap Pulau Kirrin, musim panas, piknik di villa atau padang yang indah, berenang di pantai, berburu harta karun, dan petualangan-petualangan seru yang dilalui 5 Sekawan benar-benar membuatku jatuh cinta sama buku ini dan juga tempat-tempat yang indah di luar sana. Bahkan aku sempet ngayal jadi Anne yang suka bikin limun & nyiapin makanan piknik, dan bertualang bareng kakak-kakak dan sepupunya. Khayalan dan imajinasi anak kecil memang luar biasa kalau dirangsang dengan bacaan bermutu. ^^

Sempat seneng waktu tau filmnya mau main di Indonesia. Ternyata, setelah diputer di TV, ntah kenapa.. rasanya nggak seindah imajinasiku, hehe..
Sampe sekarang nggak ada yang ceritanya bener-bener nyantol, maklum..dah lama, nggak inget lagi. Beberapa yang aku inget samar-samar misalnya Di Pulau Harta, Memburu Kereta Api Hantu, Di Pulau Seram, dan Jo Anak Gelandangan. Buku-bukunya juga uda ntah ada di mana. Tapi dari situlah aku jadi punya gambaran tentang negara dan kebudayaan lain di negara barat. ^^

3. Kasus untuk STOP by Stefan Wolf

STOP adalah inisial nama-nama sekelompok remaja di buku ini. Sebentar.. biar kuinget dulu..
Sporty (nama aslinya Peter Carsten) - Thomas (si jangkung) - Oscar (inget dia slalu inget coklat) - Petra (si pirang yang cantik). Yep, itu namanya. Mereka sekolah di asrama. Kalo mereka mencium petualangan yang harus bikin mereka keluar asrama, mereka pasti bisa aja nyelundup dari asramanya itu dari malem mpe pagi. Kadang aku mikir... emang cerita sepanjang itu berlangsung cuma semalem ya? Atau.. apa paginya waktu skul mereka gak ketauan atau gak ngantuk?
Hahaa..gak pentinglah dibahas lagi. Yang jelas, kisah cinta Sporty n Petra adalah salah satu daya tarik buku ini. O..o.. ;)


4. Kelas Lima di Malory Towers

Waa.. ni juga buku yang enak banget dibaca waktu liburan.. Yang masih aku inget adalah imajinasiku gimana para tokoh di sana (muridnya cewek semua) digambarkan memasuki awal sekolah dan ketemu temen-temennya di sekolah yang berbentuk puri/kastil itu, dan ada banyak intrik-intrik selama mereka di sekolah asrama itu. Ada tokoh yang baik, ada yang aneh, pinter, lucu, nerd, bahkan jahat/nakal. Kayaknya buku ini cocok untuk belajar sosialisasi selama di sekolah deh.;p

5. Komik Balet Mary-Chan, Silver Toe Shoes, dll.

Sejak masuknya Doraemon dan Candy-candy, ada banyak komik Jepang lain yang menyerbu pasar Indonesia. Komik-komik balet, terutama Mary-Chan dan smua serinya ternyata menginspirasiku untuk belajar nari balet dan berbahasa Prancis (soalnya si Mary pergi ke Academy of Ballet di Prancis, trus banyak istilah gerakan balet yang pake Bhs Pcis, mis: pirouette, pars de deux, dll. -gak inget lagi-). Yah..begitulah impian seorang anak kecil..
Eit..tapi impian itu bukannya gak pernah diwujudkan. Dari jaman SD itu, aku pernah nemu 1 skul balet di deket rumah. Sayangnya, waktu aku nemuin itu aku harus pindah ke kota lain. Untuk ke Namarina (skul balet terkenal di Jkt), diriku uda terlalu gede. Gugur de jadi balerina. :c
Dan setelah bertaun-taun, pas jaman kuliah, aku memutuskan untuk belajar Bhs. Prancis!
Voila! At least impian ini uda terwujud..walo gak jago-jago amat, tapi uda cukup memuaskan hasratku untuk mewujudkan mimpi bisa berbahasa Prancis, haha.
Dan sekitar beberapa waktu lalu aku akhirnya menari - setelah sekian lama gak nari, terakhir kayanya pas pelajaran di SMP/SMA yak?!-. Bukan.., bukan balet (aku cukup tau diri kok). Tapi salsa. Mmmh.. menyenangkan! ^o^
Yah, itu smua kurasa karena (lagi-lagi) impian masa kecil dari buku inspiratifku.

6. Serial Lupus by Hilman

Nah, pas jaman-jaman ABG, aku mulai baca Lupus. Yang aku inget sih, buku ini emang lucu n kocak abis. Apalagi kalo inget tingkahnya Lupus, Boim LeBon, n Gusur. Jadi pengen liat lagi koleksinya...pasti ngakak juga de bacanya, secara bahasa prokem (yeahh..prokem?!) waktu itu kan uda beda banget sama sekarang. Kalo dari versi film/serial TV-nya, yang keinget paling cuman si Oka Sugara, Boim Item (Fanny Fadillah), n Gusur Gendut (aduuhh..siapa sih namanya, aku kok tiba-tiba lupa?)

7. Serial Olga

Olga bersepatu roda ini juga senada ama cerita Lupus, yaitu cerita tentang remaja yang bandel tapi tetep gaul. Walaupun ceritanya juga kocak, tapi kayaknya masih jempolan Lupus dahh..

Wah, jadi nostalgia deh. Bacaan-bacaan dulu emang ok n inspiratif... hehe..
Jadi pengen ke shopping nyari buku-buku lawas itu lagi. Masih jadi favorit sampe sekarang.
Ada yang punya or bersedia ngebantu? ;)

2 comments:

Vee said...

jadi ikutan nostalgia....
ternyata bacaan kita ga jauh berbeda.

Anonymous said...

wah si kisah 5 sekawan dr enid blyton tuh salah satu kegemaran mamiku, she encouraged me to read those (krn trnyata it dr jaman doi kecil juga, hahah), she even bought some for me, hahha, walopun aku nggak terlalu suka baca nya. -__-" hehehe