Monday, October 18, 2010

Kisah Sayur Asem

Di pantura, di daerah Pemalang kalo gak salah...
Suatu ketika aku mampir di sebuah warung makan. Biasa disinggahi orang-orang yang mau mampir makan-minum dalam perjalanan darat via pantura.

Pesanan kami standar aja. Nasi putih, ayam goreng, ati-ampela, sayur asem.
Setelah dimakan... mmm... ada yg aneh dengan atinya. Rasanya seperti pahit2 busuk. ;p Kayak gak seger lagi. Terpaksa kusingkirkan makanan favoritku itu dari piring. Hu-uh.. kurang nikmat tanpa ati goreng, tapi ya sudahlah. Kekecewaan pertama.

Kekecewaan kedua dikarenakan si sayur asem.
Aku gak pernah ngebayangin kalo sayur asemnya akan jadi seperti yang terhidang waktu itu. 
Aku sempet mengabadikannya nihhh....  



Sempet terdiam beberapa detik sebelum akhirnya aku tanya ke si mbak pembawa sayur asem, "Mbak, sayurnya cuma ini aja?"
"Iya." jawabnya singkat.

Oke.. dalam hatiku. Sayur asem model apa nih? Model baru?
Kuah bening, labu yang diiris tipis bagai fillet, 8 potongan kecil kacang panjang, 2-3 irisan tipis tomat, 5-6 iris tipis oyong/gambas (yang aku tau oyong ini pelengkap dalam sayur bening/bayam, tapi ya masih okelah untuk dicampur di sayur asem). Well weelll...

Ke mana kuah coklat nan asam-manis-pedas?
Ke mana daun so (daun mlinjo) yang selalu ada dalam resepnya?
Ke mana labu sayur potongan kotak-kotak besar itu?
Ke mana jagung yang biasa jadi primadona?
Ke mana kacang tanah lembut dan melinjo dalam kuah?
Ke mana.. oh ke maaannaaa... sayur asem yg dulu pernah kukenal?
*lebaylebaydeh*

Stelah disruput, memang rasanya asem. Dan dingin! Hiks.
Oke, mungkin resep sayur asem daerah kita berbeda... tapi masak gak diangetin juga sih..?
Aku ini penyuka sayur! Toloong.. berikan aku lebih banyak lagi sayurnyaa!!

Next day...

Di tempat yang lain, keesokan harinya, kembali kujumpai sayur asem. ;)
Kali ini dia terhidang dengan cukup apik di rumah kami.. yah.. walaupun bukan buatan sendiri.. alias mesen dari resto, hihi. (tapi jelas jauh lebih enak buatan nyokap!)


Penampakannya sih serupa seperti yang biasa kumakan..
Tapi rasanya agak sedikit kurang menggigit. Asemnya sih lumayan, ada manisnya dikit juga, tapi ntah kenapa tetep kurang giimaannaaa...gitu...
Ahh..tapi masih lumayanlah...daripada yang gak ada sayurnya. ;p



Nah, kalo tertarik bikin sayur asem, bisa liat di sini.
(NB: Tapi aku blom pernah coba, hihihi...)

No comments: